FIELD TRIP KE AETRA

Kamis, 05 Agustus 2010

Tanggal 28 Juli 2010 kemarin, teman-teman dari departemen riset dan aplikasi mengadakan sebuah capacity building, kali ini tujuannya adalah ke PT Aetra , sebuah perusahaan pengolahan air minum yang terletak di Kalimalang. Teman – teman GCUI diajak secara langsung untuk berkeliling melihat proses pengolahan air yang ada di sana. Kami juga mendapatkan penjelasan secara langsung mengenai masalah – masalah yang umumnya terjadi terhadap kondisi air yang ada di Jakarta. Berdasarkan penjelasan yang diberikan oleh salah satu kepala PT Aetra, kondisi air di Jakarta semakin lama semakin memprihatinkan, hal ini tak lepas dari peran serta masyarakat yang kurang peduli terhadap lingkungan. Masih banyak warga yang kurang peduli terhadap kebersihan sungai, banyak sampah yang sengaja dibuang ke sungai.

Menurut keterangan Bapak Iswandi,
" Dulu kualitas air baku Jakarta masih bagus, namun semakin lama semakin memprihatinkan, kekeruhannya meningkat berpuluh-puluh kali lipat, kandungan organiknya juga semakin tinggi."

Itulah realitanya. Jika kita tidak mulai memperhatikan hal ini, bisa saja kualitas airnya semakin parah sehingga menyebabkan krisis air di Jakarta. Di satu sisi, masyarakat membutuhkan air dengan kualitas baik, namun di sisi lain, masih banyak yang dengan sengaja membuang sampah ataupun limbah industri di sungai.

" Yang menjadi permasalahan bukanlah dari segi teknisnya, namun dari segi sosialnya. Masalah teknis itu mudah, tetapi mengubah pola perilaku masyarakat untuk menjadi lebih peduli terhadap lingkungan itulah masalah yang sebenarnya."


Field trip ke Aetra hari itu lebih dari sekedar kunjungan untuk menambah pengetahuan, tetapi sebagai sebuah panggilan hati untuk bisa memperbaiki diri dan orang lain agar merubah pola perilaku yang dapat merusak lingkungan. Hal ini sulit, tetapi akan mudah jika dilakukan bersama- sama. 

“ Tiada kata terlambat untuk berubah."

2 komentar:

aini mengatakan...

sorry,, mw ingetin aj
qta k aetra tgl 28 juli bkn 28 agust

oya,, bwt kesanny setelah ikut field trip
jd diingatkan lg akan pentingny air bagi kehidupan..
apalagi sbntar lg puasa,, mkin kerasa betapa pentingny air...(haus mksdny,hehhe)
selain itu, bwt sebagai anggota GC UI. qta jg ditantang sbg mahasiswa peduli lingkungan, jangan hanya sekedar omongan tapi qta juga harus melakukan tindakan nyata kepada masyarakat agar peduli akan lingkungan qta, terutama air yg sudah semakin krisis...

SALAM HIJAU!!!

greencommunity.ui mengatakan...

oh iya, makasi koreksinya, maaf salah tulis itu, hehehe

Panca Caksvindriya

Panca Caksvindriya
GCUI !!! Tahu, Peduli, Beraksi !!!!!

Waktu

Pengunjung

free counters

Sahabat GC

Ada kesalahan di dalam gadget ini